Abstrak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi bangun ruang volume kubus dan volume balok di kelas V UPTD SD Negeri 120 Barru dan apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang volume kubus dan volume balok di kelas V UPTD SD Negeri 120 Barru. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK)  yang bertujuan untuk mengetahui proses dan peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi bangun ruang volume kubus dan volume balok di kelas V. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa yang berjumlah 21 siswa dan guru. Penelitian dilaksanakan 2 siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C). Sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi bangun ruang volume kubus dan volume balok dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas V UPTD SD Negeri 120 Barru. Kata Kunci: Problem Based Learning, Bangun Ruang Volume Kubus Volume Balok
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022