Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 9

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebahagiaan Siswa

Muhammad Anas (Universitas Negeri Makassar)
Nur Fadhilah Umar (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2021

Abstract

Abstrak. Kebahagiaan merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan individu, demikian halnya siswa di sekolah. Sehubungan dengan hal tersebut maka penting untuk mengetahui; gambaran tentang kebahagiaan siswa di sekolah; gambaran sumber kebahagiaan siswa dan seberapa sering siswa mengalaminya, serta mengetahui ada tidaknya hubungan antara factor-faktor kebahagiaan dengan perasaan kebahagiaan siswa di sekolah. Dengan pemahaman tentang hal-hal tersebut dapat dilakukan berbagai upaya atau menciptakan kondisi-kondisi tertentu yang memungkinkan perasaan bahagia siswa dapat berkembang. Dengan kondisi tersebut diharapkan dapat mendorong berkembangnya semua potensi yang ada pada siswa/peserta didik. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa beberapa SMP di kota Makassar (SMPN 8, 13, 19) yang terdaftar pada tahun akademik 2020/2021 yang berada pada tingkatan kelas 8. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang dibuat secara online via google form. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis data deksriptif dan inferensial. Hasil penelitain ini menunjukkan bahwa pada umumnya (62,33%) peserta didik merasa cukup bahagia dalam lingkungan sekolah, mereka memiliki emosi positif, merasa bermakna, memiliki hubungan social yang positif, dan merasa sukses atau berprestasi; Terdapat lima factor atau kondisi atau keadaan yang ada pada lingkungan sekolah yang dapat memunculkan perasaan kebahagiaan peserta didik adalah perlakuan guru baik di luar kelas maupun dalam kelas (dalam pembelajaran), hubungan dengan teman sebaya, aktiviotas belajar, dan kepemilikan materi (uang, pakaian, peralatan belajar; Terdapat hubungan positif yang berarti kondisi atau keadaan tertentu (secara keseluruhan) dengan perasaan kebahagiaan peserta didik. Semakin sering peserta didik mengalami keadaan positif di sekolah maka akan semakin menyebabkan siswaw mengalami perasaan kebahagiaan; Terdapat hubungan positif yang berarti dari masing-masing aspek dalam sumber kebahagiaan tersebut (perlakuan guru baik di luar kelas maupun dalam kelas (dalam pembelajaran), hubungan dengan teman sebaya, aktivitas belajar, dan kepemilikan materi (uang, pakaian, peralatan belajar) Kata Kunci: Kebahagiaan Siswa,

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...