Abstrak. Pandemi covid-19 membawa perubahan besar terhadap system pembelajaran, yakni transformasi pembelajaran tatap muka menjadi system pembelajaran dalam jaringan. Bersamaan dengan hal tersebut memunculkan berbagai tantangan dan pertanyaan tentang kesiapan sarana dan prasaran belajar hingga kesiapan guru dalam menjalankan pembelajaran daring. Kecakapan literasi digital adalah kunci sukses penyelenggaraan pendidikan di era pandemic sebagai bekal dalam memanfaatkan dan mendayagunakan berbagai flatfrom pembelajaran daring selama proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi digital guru sekolah dasar selama proses pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus untuk menguraikan kompetensi literasi digital guru. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi literasi digital guru sekolah dasar mitra pgsd unm bone masih berada pada level basic. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan flatfrom atau aplikasi pembelajaran daring yang diterapkan hingga metode yang kurang variatif. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Literasi Digital, Pandemi Covid-19
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021