Abstrak. Penelitian ini akan mengkaji pelaksanaan model pembelajaran Project Based learning (PjBL) dalam setting pembelajaran daring bagi peserta didik orang dewasa. Hal ini berangkat dari permasalahan di masa pandemi yang menuntut pembelajaran tetap berlangsung namun disisi lain warga belajar dihimbau untuk tidak melaksanakan pembelajaran secara tatap muka langsung. Progrsam kesetaraan Paket C merupakan program pendidikan nonformal dimana peseerta belajarnya terdiri dari orang dewasa pekerja. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dianggap sangat tepat bagi karakteristik pebelajar dewasa adalah model based learning. Penelitian ini merupakan peneltian kualitatif. Penelitian di laksanakan di satuan pendidikan nonformal sanggar kegiatan belajar (SKB) Sawerigading pada program kesetaraan. Informan penelitian adalah kepala SKB, tutor dan 3 orang warga belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan prject based learning pada pebelajar orang dewasa di program kesetaraan dideskripsikan sebagai berikut: 1)Membuka pelajaran dengan suatu pertanyaan pada kategori rendah karena tutor belum menyampaikan pertanyaan menantang, 2) Merencanakan proyek pada kategori tinggi karena perencanaan dilakukan secara kolaboratif antara pendidik dengan peserta didik dan berisi tentang aturan main, pemilihan aktivitas yang dapat mendukung untuk menyelesaikan proyek. 3)Mengawasi jalannya proyek mash pada kategori rendah karena projek yang dilaksanakan di rumah tidak dapat dimonitor secara maksimal dengan memanfaatkan aopliasi daring. 4) Penilaian terhadap produk yang dihasilkan pada kategori sedang. Karena telah dilaksanakan namun belum memiliki instrumen yang valid. Kata Kunci: Project Based Learning, Pembelajaran Daring, Pebelajar Orang Dewasa
Copyrights © 2021