Metode Beyond Center and Circle Time merupakan salah satu metode pembelajaran yang menarik untuk diterapkan bagi Pembelajar di Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini dalam pengenalan pembelajaran bahasa Inggris. Metode BCCT ini anak dirangsang untuk secara aktif melakukan kegiatan bermain sambil belajar di sentra-sentra pembelajaran. Guru dapat menggunakan kartu bergambar, bola atau yang lain dengan membuat lingkaran. Permainan ini dapat membuat siswa lebih menarik dan menyenangkan sehingga mampu diserap oleh anak-anak usia dini dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas Metode BCCT dalam pengembangan kecerdasan linguistic (berbahasa Inggris) pada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan bagaimana pengenalan bahasa Inggris pada anak usia dini yang dilaksanakan di Kelompok Bermain GENIUS yang meliputi warna, nama-nama binatang, mengenal angka, mengenal nama-nama buah, mengenal kendaraan dengan lagu, bernyanyi sebelum dan sesudah kegiatan sentra, serta dalam kegiatan fisik motorik. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan sering mengajak anak bernyayi, bermain baik dalam kegiatan sentra maupun kegiatan yang lain dengan bahasa Inggris maka akan semakin banyak kosa kata bahasa Inggris yang dimiliki anak. Selain itu anak usia dini tidak merasa terbebani dengan pembelajaran yang sulit karena dilakukan dengan permainan yang menyenangkan dan membuat anak tidak bosan. Tema yang diberikan adalah yang berkaitan dengan apa yang keseharian dijumpai oleh anak misalnya sapaan, nama-nama binatang, pengenalan warna, alat transportasi akan membantu memudahkan anak mengasosiasi pengetahuan dengan lingkungannya.
Copyrights © 2018