cover
Contact Name
Arief Qosim
Contact Email
ariefqosim@gmail.com
Phone
+6281392073938
Journal Mail Official
lenterapedagogi@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja Jalan Ki Ratu Penghulu No 02301 Karangsari Baturaja Ogan Komering Ulu– Sumatera Selatan 32113 Indonesia
Location
Kab. ogan komering ulu,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Lentera Pedagogi
Published by Universitas Baturaja
ISSN : 25979485     EISSN : 25979493     DOI : https://doi.org/10.54895/lentera
Core Subject : Education,
Jurnal Lentera Pedagogi diterbitkan 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja. Jurnal Lentera Pedagogi merupakan jurnal yang memuat artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian dan/ atau kajian analitis-kritis di bidang pendidikan, pembelajaran bagi Guru dan Dosen serta Peneliti di bidang pendidikan yang mengangkat masalah: 1) Pengembangan model pembelajaran, 2) Hasil Penelitian Pendidikan dan Keguruan, 3) Hasil Penelitian Sastra Pendidikan 4) Hasil Penelitian Strategi dan Inovasi Pembelajaran 5) Analisis Kebijakan Bidang Pendidikan 6) Kajian Bidang Pendidikan yang Lain
Articles 57 Documents
Implementasi Metode Beyond Center and Circle Time (BCCT) dalam Pengenalan Bahasa Inggris di Kelompok Bermain GENIUS Fitriawati Fitriawati
Jurnal Lentera Pedagogi Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Lentera Pedagogi
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.117 KB) | DOI: 10.54895/lentera.v1i2.46

Abstract

Metode Beyond Center and Circle Time merupakan salah satu metode pembelajaran yang menarik untuk diterapkan bagi Pembelajar di Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini dalam pengenalan pembelajaran bahasa Inggris. Metode BCCT ini anak dirangsang untuk secara aktif melakukan kegiatan bermain sambil belajar di sentra-sentra pembelajaran. Guru dapat menggunakan kartu bergambar, bola atau yang lain dengan membuat lingkaran. Permainan ini dapat membuat siswa lebih menarik dan menyenangkan sehingga mampu diserap oleh anak-anak usia dini dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas Metode BCCT dalam pengembangan kecerdasan linguistic (berbahasa Inggris) pada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan bagaimana pengenalan bahasa Inggris pada anak usia dini yang dilaksanakan di Kelompok Bermain GENIUS yang meliputi warna, nama-nama binatang, mengenal angka, mengenal nama-nama buah, mengenal kendaraan dengan lagu, bernyanyi sebelum dan sesudah kegiatan sentra, serta dalam kegiatan fisik motorik. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan sering mengajak anak bernyayi, bermain baik dalam kegiatan sentra maupun kegiatan yang lain dengan bahasa Inggris maka akan semakin banyak kosa kata bahasa Inggris yang dimiliki anak. Selain itu anak usia dini tidak merasa terbebani dengan pembelajaran yang sulit karena dilakukan dengan permainan yang menyenangkan dan membuat anak tidak bosan. Tema yang diberikan adalah yang berkaitan dengan apa yang keseharian dijumpai oleh anak misalnya sapaan, nama-nama binatang, pengenalan warna, alat transportasi akan membantu memudahkan anak mengasosiasi pengetahuan dengan lingkungannya.
Penerapan Game Edukasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SDN 1 Padamukti Garut Rahwati Rahwati
Jurnal Lentera Pedagogi Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Lentera Pedagogi
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.753 KB) | DOI: 10.54895/lentera.v1i2.47

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana game edukasi dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika kelas V di SDN 1 Padamukti Kecamatan Sukaresmi kabupaten Garut dan bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran menerapkan game edukasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan nonequivalen control group design. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 1 Padamukti Sukaresmi Garut, sedangkan sampelnya adalah kelas VA dan VB. Data kemampuan pemahaman dan sikap siswa dianalisis dengan menggunakan SPSS 17.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan metode pembelajaran yang menerapkan game edukasi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional, 2) kelas eksperimen pada pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pembelajaran yang menerapkan game edukasi menunjukkan interpretasi baik. Hal tersebut ditunjukan dari hasil jawaban angket skala sikap yang menyatakan sangat setuju dan setuju dari komponen sikap siswa terhadap pembelajaran dengan menerapkan game edukasi dengan pernyataan yang positif. Perilaku yang menunjukan kesenangan siswa terhadap pembelajaran dengan menerapkan game edukasi terlihat dari pengamatan peneliti terhadap aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung, siswa begitu antusias, partisipatif, komunikatif baik dan lebih percaya diri itu pada saat diskusi kelompok maupun diskusi antar kelompok
Pengembangan Multimedia Interaktif Merakit Personal Computer (PC) Arief Qosim; Heni Rita Susila
Jurnal Lentera Pedagogi Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Lentera Pedagogi
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.687 KB) | DOI: 10.54895/lentera.v1i2.48

Abstract

Pembuatan multimedia interaktif untuk materi merakit personal computer (PC) telah dilakukan dan diterapkan dalam pembelajaran di program studi Teknologi Pendidikan Universitas Baturaja. Pengembangan produk dilakukan berdasarkan model Alessi & Trollip yang terdiri dari tiga fase yaitu planning, design, dan development. Karakterisasi produk dilakukan dengan pengukuran validitas, praktikalitas dan efektivitas. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa kelas A.2.1 semester II angkatan 2015 yang mengikuti mata kuliah Periferal dan Troubleshoot. Validitas produk diukur pada tahap uji alfa yang melibatkan ahli media, ahli desain pembelajaran dan ahli materi dengan skor rata-rata 4,14 yang termasuk dalam kategori valid. Praktikalitas produk diukur pada tahap uji beta kepada tiga orang mahasiswa yang memperoleh skor rata-rata 3,61 dengan kategori praktis. Mahasiswa dengan kemampuan tinggi memperoleh skor 4,28 kategori sangat praktis, sedang mahasiswa dengan kemampuan sedang memperoleh skor 3,48 kategori praktis, dan mahasiswa dengan kemampuan rendah memperoleh skor 3,08 dengan kategori cukup praktis. Pengukuran efektifitas produk dilakukan pada tahap uji coba di kelas sebenarnya. Produk ini mampu meningkatkan hasil belajar yang ditunjukkan dengan N-gain sebesar 0,39 dengan kategori sedang. Pada mahasiswa dengan kemampuan tinggi dan sedang memperoleh N-Gain sebesar 0,53 dan 0,32 kategori sedang, sedangkan mahasiswa dengan kemampuan rendah memperoleh N-gain sebesar 0,24 kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian, multimedia interaktif merakit PC telah teruji validitas, praktikalitas, efektivitas terhadap hasil belajar. Penelitian ini masih terbatas pada satu materi yaitu merakit PC sehingga perlu dikembangkan pada materi lain dan perlu diujicobakan lebih luas.
Resepsi Siswa Terhadap Legenda Terjadinya Desa Air Baru Emilia Contessa
Jurnal Lentera Pedagogi Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Lentera Pedagogi
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.477 KB) | DOI: 10.54895/lentera.v1i2.49

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan resepsi siswa kelas X SMA N I Kecamatan Runjung Agung OKU Selatan mengenai Legenda Terjadinya Desa Air Baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan historik dan metode deskriptif. Teknik penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, perekam, catat, dan angket. Selanjutnya, teknik penganalisisan dalam penelitian ini adalah menganalisis data angket, mentranskripkan hasil rekaman dari bahasa daerah ke bahasa Indonesia dengan menggunakan bahasa tulis, menginterprestasikan atau membahas data angket, dan membuat simpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa 48% siswa mengetahui legenda Terjadinya Desa Air Baru dan 74% siswa mengetahui legenda tersebut dari penelitian ini
Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Menggunakan Model Tutorial Teman Sebaya Erwanto Erwanto
Jurnal Lentera Pedagogi Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Lentera Pedagogi
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.686 KB) | DOI: 10.54895/lentera.v1i2.50

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan membaca puisi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan Universitas Baturaja dengan menggunakan model tutorial teman sebaya. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan mengambil lokasi di Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja Semester III dengan jumlah sampel 31 mahasiswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama 6 bulan dari bulan Maret tahun 2017 sampai dengan bulan Juni tahun 2017 dengan menggunakan metode Deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pada pra siklus diketahui nilai yang diperoleh mahasiswa, maka tampak bahwa yang mencapai nilai B rentang antara 70–79 baru mencapai ketuntasan 19% dari jumlah 31 mahasiswa atau 6 mahasiswa, pada siklus I nilai yang diperoleh mahasiswa yang mencapai nilai B rentang antara 70–80 siklus 1 baru mencapai ketuntasan 83,8% dari jumlah 31 mahasiswa atau 26 mahasiswa. Pelaksanaan siklus II yang mencapai nilai B rentang antara 70–79 dan 80-100 pada siklus II mencapai ketuntasan 96,7% dari jumlah 31 mahasiswa atau 30 mahasiswa.
Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMKN 1 OKU Pinta Frida
Jurnal Lentera Pedagogi Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Lentera Pedagogi
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.929 KB) | DOI: 10.54895/lentera.v1i2.51

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penggunaan model pembelajaran explicit instruction dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran 1 pada mata pelajaran korespondensi di SMKN 1 OKU. Peneltian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas Kelas atau PTK ini dilakukan dengan 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi (pengamatan selama proses pembelajaran), dan pemberian tes tertulis. Hasil tes menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar melalui penggunaan model pembelajaran explicit instruction, yaitu terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 0,67. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 0,28. Sehingga diperoleh kesimpulan model pembelajaran explisit instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kesalahan Penulisan pada Pamflet dan Papan Nama Pertokoan di Kota Baturaja Kabupaten OKU Nur Aisyah; Lifa Zahara; Nurhayati Nurhayati; Ratu Wardarita
Jurnal Lentera Pedagogi Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Lentera Pedagogi
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.071 KB) | DOI: 10.54895/lentera.v4i1.350

Abstract

This study aimed to illustrate language errors in writing pamphlets and signage for shops. Samples were taken in the town of Baturaja Ogan Komering Ulu Regency. This paper is a descriptive study focused on extracting qualitative data, with the hope that a more detailed and detailed picture of the research object will be obtained. From the results of this study, in general it can be said that errors in the Indonesian language in writing pamphlets and signboard shops are still often found that are not in accordance with good and correct Indonesian language rules. Writing errors in pamphlets and signboard shops are caused by the influence of the use of everyday language or writing written based on oral speech, limited knowledge of the rules of the Indonesian language, as well as a tendency to merely imitate. In addition, people also ignore the use of language in the correct writing, so that the error has the potential to trigger the problem of language errors in writing pamphlets and signage for shops.
Kemampuan Siswa SMA Menganalis Nilai Karakter Puisi Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia Karya Taufik Ismail Dan Relevansinya Terhadap Penanaman Pendidikan Karakter Siswa Lusi Susriani; Inawati Inawati
Jurnal Lentera Pedagogi Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Lentera Pedagogi
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.986 KB) | DOI: 10.54895/lentera.v4i1.351

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menganalisis nilai karakter puisi Malu (Aku) Jadi Orang IndonesiaKarya Taufik Ismail dan mendeskripsikan relevansinya terhadap penanaman pendidikan karakter siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel total yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis hasil data tes uraian dengan cara mengubah skor menjadi nilai, yaitu dengan membagi skor yang diperoleh dari jawaban benar dengan skor maksimal, kemudian dikalikan dengan 100. Data observasi yang diperoleh, dianalisis. Selanjutnya menghitung nilai yang diperoleh dengan rumus persentase dan melakukan perhitungan dengan menggunakan rumus statistik Korelasi Korelasi Pearson serta mendeskripsikan hasil perhitungan statistik dan penarikan kesimpulan untuk menjawab pertanyaan penelitian pada rumusan masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukan kemampuan siswa menganalisis nilai karakter dalam puisi Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia Karya Taufik Ismail termasuk kategori mampu. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa mencapai nilai 74.
Kontribusi Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Sentosa Bhakti Baturaja OKU Fenny Relatamy; Nora Agustina; Awalludin Awalludin
Jurnal Lentera Pedagogi Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Lentera Pedagogi
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.305 KB) | DOI: 10.54895/lentera.v4i1.352

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa di SMP Sentosa Bhakti Baturaja OKU. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan expost facto. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Sentosa Bhakti Baturaja OKU, dengan jumlah sampel 60 orang yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan kuesioner, dengan alat pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis menggunakan rumus teknik korelesi product moment. Hasil yang diperoleh dari penelitian pemanfaatan perpustakaan sekolah dicapai berdasarkan penjumlahan rata-rata pilihan selalu dan sering adalah dengan kriteria baik sekali. Dengan hasil rekapitulasi data sebesar 7.616 dengan rata-rata 126,9. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus korelasi product moment tersebut dengan N= 60 didapat “r” sebesar 0,703 pada taraf signifikan 5% diperoleh “r” tabel = 0,254. Hal tersebut dinyatakan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima. Berarti, antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi positif yang signifikan.
ANALISIS NILAI-NILAI DIDAKTIS DALAM NOVEL HUJAN KARYA TERE LIYE Dwi Asifasari; Muhammad Rama Sanjaya; Aryanti Agustina; Muhammad Doni Sanjaya
Jurnal Lentera Pedagogi Vol 5 No 1 (2021): Jurnal Lentera Pedagogi
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.015 KB) | DOI: 10.54895/lentera.v5i1.883

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai didaktis dalam novel Hujan karya Tere Liye. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang yang digunakan adalah teknik analisis karya. Pada penelitian ini menunjukkan adanya nilai didaktis yang terkandung dalam novel “Hujan” karya Tere Liye yang terdiri dari nilai kesusilaan atau budi pekerti, nilai kecerdasan, nilai sosial, nilai kemandirian, dan nilai kesabaran. Nilai kesusilaan atau budi pekerti yang terdapat dalam novel “Hujan” karya Tere Liye yaitu nilai yang berkaitan dengan watak dan nilai yang berkaitan dengan akhlak yang baik. Nilai kecerdasan berkaitan dengan cara berfikir kritis, logis, dan kreatif. Nilai sosial berkaitan dengan hak dan kewajiban, rasa tanggung jawab, dan toleransi. Nilai kemandirian berkaitan dengan kemampuan mengambil keputusan, rasa percaya diri, dan tanggung jawab atas apa yang dilakukan. Nilai kesabaran berkaitan dengan sabar dalam menerima cobaan hidup, dan sabar dalam pergaulan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa novel “Hujan” karya Tere Liye ini dapat dijadikan acuan untuk kehidupan di masyarakat karena mengandung nilai-nilai didaktis.