Jurnal Lentera Pedagogi
Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Lentera Pedagogi

Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Menggunakan Model Tutorial Teman Sebaya

Erwanto Erwanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan membaca puisi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan Universitas Baturaja dengan menggunakan model tutorial teman sebaya. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan mengambil lokasi di Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja Semester III dengan jumlah sampel 31 mahasiswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama 6 bulan dari bulan Maret tahun 2017 sampai dengan bulan Juni tahun 2017 dengan menggunakan metode Deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pada pra siklus diketahui nilai yang diperoleh mahasiswa, maka tampak bahwa yang mencapai nilai B rentang antara 70–79 baru mencapai ketuntasan 19% dari jumlah 31 mahasiswa atau 6 mahasiswa, pada siklus I nilai yang diperoleh mahasiswa yang mencapai nilai B rentang antara 70–80 siklus 1 baru mencapai ketuntasan 83,8% dari jumlah 31 mahasiswa atau 26 mahasiswa. Pelaksanaan siklus II yang mencapai nilai B rentang antara 70–79 dan 80-100 pada siklus II mencapai ketuntasan 96,7% dari jumlah 31 mahasiswa atau 30 mahasiswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

lentera

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Lentera Pedagogi diterbitkan 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja. Jurnal Lentera Pedagogi merupakan jurnal yang memuat artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian dan/ atau kajian analitis-kritis di bidang ...