Jurnal Lentera Pedagogi
Vol 5 No 1 (2021): Jurnal Lentera Pedagogi

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik

Ismawati Ismawati (SMK N 3 OKU Baturaja)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II dengan menggunakan metode kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik analisa data untuk melihat peningkatan hasil belajar di gunakan teknik uji-t. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Negeri 3 OKU Jurusan TITL yang berjumlah 36 orang. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil tes siswa pada pada Siklus I adalah 62,80, dan mengalami peningkatan pada Siklus II nilai rata-rata siswa 74,60. Sehubungan dengan penetapan keriteria ketuntasan minimal yaitu 70,00, nilai pada siklus II sudah di atas KKM, hal ini juga dibuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel, (tperhitungan > ttabel,), dimana thitung = 4,36, sedangkan ttabel, = 2,88. ( 6,12 > 2,88) dengan persentase tingkat daya serap 84 %.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lentera

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Lentera Pedagogi diterbitkan 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja. Jurnal Lentera Pedagogi merupakan jurnal yang memuat artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian dan/ atau kajian analitis-kritis di bidang ...