Jurnal Lentera Pedagogi
Vol 5 No 2 (2022): Jurnal Lentera Pedagogi

Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Menggunakan Media Cerpen

Nani Angraini (Unknown)
Rohana Rohana (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilanmenulis naskah drama menggunakan media cerpen siswa kelas IX.4 SMP Negeri13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021. Masalah yang terjadi dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan siswa dalam menulis naskah drama. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran dan kurangnya kreativitas guru ketika menggunakan media pembelajaran yang mudah dan menyenangkan, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran menulis naskah drama. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, metode tes (dalam bentuk penugasan menulis naskah drama), dan metode dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil proses pembelajaran diperoleh hasil sebagai berikut. Hasil peningkatan aktivitas belajaran siswa yaitu 78,78% meningkat menjadi 87,87% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Perolehan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 70,69 meningkat menjadi 75,86 pada siklus II dengan ketuntasan belajar mencapai 86,21%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media cerpen dapat meningkatkan mutu proses dan hasil belajar menulis naskah drama siswa kelas IX.4 SMP Negeri13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

lentera

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Lentera Pedagogi diterbitkan 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja. Jurnal Lentera Pedagogi merupakan jurnal yang memuat artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian dan/ atau kajian analitis-kritis di bidang ...