Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penerapan model pembelajaran 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan) dalam menulis teks ulasan. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi guru, siswa, dan sekolah.Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pagaralam Tahun Pelajaran 2021/2022 sebanyak 35 siswa 24 siswa laki-laki 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menggunakan model pembelajaran 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan), teks ulasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa tes dalam menulis teks ulasan dengan menggunakan model pemebelajaran 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan) dengan total nilai 2650 diperoleh nilai rata-rata 75,71 Berdasarkan kategori penilaian dapat dikatakan baik. Maka nilai rata-rata siswa tersebut dapat dikatankan nilainya tuntas, siswa tergolong nilai amat baik berjumlah 6 orang, siswa yang mendapat nilai baik berjumlah 15, siswa yang mendapat nilai cukup berjumlah 12, dan siswa yang mendapat nilai kurang baik berjumllah 2 orang . Dan dari nilai observasi guru mendapat nilai total 44 dengan hasil nilai 80 dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan hasil pembelajaran menulis teks ulasan dengan menggunakan model pembelajaran 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan) dalam kategori baik.
Copyrights © 2023