Journal Of Early Childhood And Islamic Education
Vol 1 No 2 (2023): JOECIE

Implementasi Pendidikan Holistik Integratif pada Pembelajaran Montessori untuk Menstimulus Kemandirian Anak di TK Dharma Wanita Persatuan 3 Malang

Ratna Sari, Desi (Unknown)
Arifin, Imron (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan holistik integratif pada pembelajaran montessori untuk menstimulus kemandirian anak di TK Dharma Wanita Persatuan 3 Malang. Berdasarkan hasil penilitian diperoleh bahwa Perencanaan kegiatan practical life dalam pembelajaran montessori untuk merangsang kemandirian belajar anak yaitu kesiapan infrastruktur, kesiapan pendidik dan guru, kesiapan kurikulum pelajaran, kesiapan belajar dan kesiapan orang tua untuk mendukung segala aktivitas yang dilakukan oleh anak. Implementasi kegiatan practical life ini dilaksanakan pada setiap pembelajaran montessori dengan menerapkan isi kegiatan sesuai dengan isi rencana perangkat pembelajaran. Evaluasi kegiatan practical life pada pembelajaran montessori dilakukan dalam dua bagian yaitu evaluasi hasil belajar anak yang dilakukan oleh guru dan evaluasi kebijakan-kebijakan dalam kegiatan practical life pada pembelajaran montessori yang dilakukan oleh kepala sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JOECIE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JOECIE Journal is a scientific journal in the field of early childhood Islamic education. This journal is published by the Early Childhood Islamic Education Study Program (PIAUD) STAI Muafi Sampang. Published manuscripts contain scientific writings related to: 1) Theoretical studies related to early ...