Schrödinger: Journal of Physics Education
Vol. 1 No. 1 (2020): March

Analisis Kemandirian Siswa MTS pada Mata Pelajaran IPA

Lia Kartina (Universitas Jambi)
Subani Subani (MTS Syifa’ul Qulub)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2020

Abstract

Tujuan Penelitian: penelitian ini bertujuan untuk memberikan sebuah gambaran tetang kemandirian siswa MTS Syifa’ul Qulub Metodologi: Penelitian ini dilakukan secara Observasi langsung dengan metode kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas delapan MTS Syifa’ul Qulub tahun ajaran 2019/2020 yang dipilih secara random, yakni didapatkan lah jumlah populasi untuk dilakukan penelitian sebanyak 73 siswa yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Instrumen yang digunakan adalah angket. Hasil Temuan: Berdasarkan penelitian yang dilakukan ada 4 indikator yang diujikan untuk mengetahui kemandirian dari peserta didik terhadap mata pelajaran IPA pada indikator kemandirian belajar di rumah, kemandirian belajar di sekolah, kemandirian untuk mengerjakan tugas dan kemandirian untuk mencari referensi atau sumber belajar memilki kategori yang baik

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

SJPE

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Covers all the Schrödinger: Journal of Physics Education (SJPE) at the level of primary, secondary, senior, and higher education. The goal of this journal is to bring together researchers and practitioners from academia and industry to focus on Educational advancements and establishing new ...