Di era digital saat ini, teknologi informasi berkembang semakin cepat dan tentunya berjalan secara signifikan. Dalam dunia perkantoran, salah satunya otomatisasi dalam pengelolaan arsip perlu menjadi suatu perhatian bagi perusahaan. Seiring dengan berkembangnya teknologi, tentunya hal ini bertujuan untuk mendorong adanya perubahan dari arsip yang masih bersifat konvensional berkembang menjadi digitalisasi arsip dengan memanfaatkan teknologi yang canggih saat ini. Dengan adanya digitalisasi arsip ini, akan memberikan hasil kinerja karyawan dalam pengelolaan arsip yang lebih efektif dan lebih efisien. Pada tempat peneltian yaitu PT. X ini masih mengimplementasikan pengelolaan arsip konvensional dan disertai adanya timbul permasalahan pada karyawan. Pada dasarnya sistem pengelolaan arsip pada perusahaan yang masih bersifat konvensional dapat dikatakan kurang efektif jika dilihat dari hasil produktivitas kerja karyawan yang menurun dan tidak efisien dari segi waktu dalam penemuan arsip kembali. Sehingga melalui artikel ini peneliti bertujuan memberikan pengetahuan terkait digitalisasi arsip sederhana dengan melakukan pemanfaatan pada Microsoft Access. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi dengan studi kasus pada PT. X. Hasil dari penelitian ini adalah perancangan e-arsip sederhana dengan menggunakan Microsoft Access.
Copyrights © 2023