Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang
Vol 4 No 2 (2020): Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang

Kemampuan Visualisasi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Sikap Matematis Siswa

Bagus Suryo Kusumo (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Teguh Wibowo (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Dita Yuzianah (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pentingnya kemampuan visualisasi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik kemampuan visualisasi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan sikap matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode Polya untuk menganalisis timbulnya karakteristik kemampuan visualisasi. Penelitian dilakukan di SMA Purworejo pada siswa kelas X semester genap tahun ajaran 2019/2020. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X yang dipilih secara purposive sampling yaitu siswa dengan sikap matematis.Teknik pengumpulan data menggunakan angket sikap matematis, tes kemampuan visualisasi dan wawancara tidak terstruktur yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian tentang karakteristik kemampuan visualisasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yaitu, timbul ide/rencana penyelesaian akibat aktivitas memahami masalah yang dapat dilihat malalui aktivitas memahami dan penjabaran rumus yang digunakan; melaksanakan rencana (menguraikan) dan membayangkan/imajinasi visual menggunakan kemampuan analogi, terlihat pada gerakan tangan siswa yang berusaha mencocokan sesuatu dalam pemikirannya; diakhiri dengan representasi visual yang merupakan proses aktualisasi dari kemampuan visualisasi. Kata kunci: kemampuan, visualisasi, matematis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang is designed to lecturers, researchers, mathematics teachers, and university students who want to publish their research reports about mathematics education. This journal publishes original articles of action research, ...