Tujuan imelakukan ipenelitian iini iadalah iuntuk imengetahui iStrategi ipemasaran iyang idapat i diterapkan idan ifaktor iyang ipaling iberpengaruh iterhadap ikeberhasilan usaha ipada iusaha ikeluarga ikerupuk iikan iSPN iDalam iMeningkatkan iPendapatan ikeluarga iDi i Kelurahan iTanjung iSari iKecamatan iJambi iTimur, iKota iJambi. iMetode ianalisis imenggunakan ianalisis ideskriptif idari ihasil iwawancara iyang idilakukan ikepada ipengelola iusaha ikrupuk iikan iSPN. iHasil ipenelitian imenemukan ibahwa iPenerapan istrategi ipemasaran iislami iusaha ikerupuk iikan iSPN idilakukan idengan imerapkan istrategi iSyariah iMarketing (Strategi iPemasaran iSyariah), iSyariah iMarketing iTactic imelalui istrategi i3P iyaitu iProduk i(Product), iHarga i(Price), iTempat i(Place) idan iPromosi i(Promotion), idan iSyariah iMarketing iValue iyang isudah idilakukan isengan ibaik. iFaktor ipendukung idalam ikegiatan ipemasaran iusaha ikerupuk iIkan iSPN iini i adalah ipelanggan itetap iyang isetia isehingga irasa iharus itetap idipertahankan, ipemanfaatan isumber idaya iinternal idari ikeluarga iyang imebuat iefisiensi ibiaya iatau ipengeluaran iproduksi. iFaktor ipenghambat ikegiatan ipemasaran iadalah imodal iyang idimiliki isedikit ikarena iproduksi iyang idilakukan ihanya imenggunakan icara imanual. iMaka iakan imenghambat iuntuk imemproduksi isesuai idengan itarget ipada isaat ibanyak ipesanan idari ipelanggan. iSelain iitu ibelum imenemukan ikaryawan iatau ipekerja iyang icocok ikarena iterbukti iselama iberdirinya ikrupuk iikan iSPN ibelum imemiliki ikaryawan iyang itetap.
Copyrights © 2023