Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 2, No 2 (2022): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar

Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa

Devi Juliana Ardhani (Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia)
Fauzan Fauzan (Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Cooperative Integrated Reding and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di SDN Pamulang 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan dua siklus. Instrumen yang digunakan untuk menguji kemampuan membaca siswa menggunakan lembar observasi dan soal tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III di SDN Pamulang 01 yang membuka 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan persentase Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui hasil ketuntasan pada siklus pra sebesar 10%, dan ketuntasan pada siklus I menjadi 53,33%, serta ketuntasan pada siklus II sebesar 100%, dimana keberhasilan sudah mencapai 100 %.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

ELEMENTAR : Jurnal Pendidikan Dasar published twice a year since 2021, is a bilingual (Indonesian and English), peer-reviewed journal, and specializes in elementary education Studies. This journal is published by Program Study Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Editors welcome scholars, ...