Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 2, No 1 (2022): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar

Pengaruh Metode Example Non Example terhadap Keterampilan Menulis Pantun Siswa Sekolah Dasar

Nurul Aina Shabrina (Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta)
Ja'far Sanusi (Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh metode example non example terhadap keterampilan menulis pantun siswa kelas V. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V MI Al-Wathoniyah 10 Pedaengan Jakarta Timur berjumlah 43 siswa dengan rincian yang menjadi sampel berjumlah 21 siswa. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif Quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan menggunakan instrumen tes keterampilan menulis pantun dan non tes berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dengan nilai signifikansi 0,05. Hasil uji analisis asumsi klasik menggunakan uji t (sig. 2 tailed) diperoleh nilai hipotesis 0,00 dengan taraf signifikan 5% (0,05). Apabila nilai signifikansi < 0,05 artinya HO ditolak. Berdasarkan rumusan hipotesis, apabila HO ditolak maka Hi diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara metode example non example terhadap keterampilan menulis siswa kelas V MI Al-Wathoniyah 10 Pedaengan Jakarta Timur. Uji N-Gain dalam penelitian ini menunjukkan 56,31% yang berarti cukup efektif penerapan metode example non example terhadap keterampilan menulis pantun siswa dengan nilai rata-rata pretes 69,9 dan postes 86,9.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

ELEMENTAR : Jurnal Pendidikan Dasar published twice a year since 2021, is a bilingual (Indonesian and English), peer-reviewed journal, and specializes in elementary education Studies. This journal is published by Program Study Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Editors welcome scholars, ...