Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol. 1 No. 1 (2023): JANUARI : JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Teori Polya Materi Pecahan Di Sekolah Dasar

Shafira Hidayah (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Riawan Yudi Purwoko (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Nur Ngazizah (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan teori Polya dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah sangat penting dimiliki oleh siswa agar siswa terbiasa berfikir tingkat tinggi. Polya mengkategorikan indikator langkah pemecahan masalah menjadi empat yaitu : 1) memahami masalah, 2) menyusun rencana, 3) melaksanakan rencana, 4) memeriksa kembali. Penelitian ini membahas tentang bagaimana kemampuan pemecahan masalah dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah pada siswa yang berprestasi. Hasil penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah menunjukan bahwa siswa sudah berkemampuan dalam melaksanakan indikator langkah pemecahan masalah berdasarkan teori Polya yang terdiri dari : 1) siswa mampu memahami masalah, 2) siswa mampu menyusun rencana, 3) siswa mampu melaksanakan rencana, dan 4) siswa mampu memeriksa kembali. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah yaitu pengalaman awal siswa, dorongan atau motivasi, lupa materi, ketidaktelitian siswa, dan keterampilan siswa.

Copyrights © 2023