JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN
Vol 5 No 2 (2022): AGUSTUS

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NHT BERBANTUAN LMS (LEARNING MANAGEMENT SYSTEM) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X SMA SWASTA GAJAH MADA MEDAN

Yudita Puspita Halawa (Universitas Darma Agung)
Putra Venndy Hulu (Universitas Darma Agung)
Nani Sri Rezeki (Universitas Darma Agung)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Cooperative tipe NHT berbantuan LMS ( Learning Management System) terhadap hasil belajar siswa pada materi vektor dikelas X SMA Swasta Gajah Mada Medan T.A 2022/2023.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan penelitian two group pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Swasta Gajah Mada Medan T.A.2022/2023 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 60 orang . pengambilan sampel dilakukan dengan acak kelas, dan diperoleh kelas X-MIA 1 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran Cooperative tipe NHT berbantuan LMS dan kelas X-MIA 2 berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol dengan model yang diajar pembelajaran langsung. Istrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk pilihan ganda ( a,b,c,d,e) sebanyak 15 soal yang telah diuji validitas, reabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran.Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 46,89 dan standar deviasi 7,11, nilai rata-rata kelas kontrol adalah 36,89 dan standar deviasi adalah 8,71. Dan hasil uji statistic ( uji t) dua pihak thitung = 0,503 dan ttabel = 2,002 karena thitung < ttabel yaitu 0,503 < 2,002, artinya bahwa kemampuan awal kedua sampel adalah sama. Kemudian diberi perlakuan yang berbeda lalu diakhir pelajaran diberikan postes , nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 82,89 dan standar deviasi adalah 7,96 dan nilai rata-rata kelas kontrol 70,67 dan standar deviasi 11,95. Hasil uji statistic ( uji t) dua pihak adalah thitung = 2,483 dan ttabel = 1,671 karena thitung > ttabel ( 2,483> 1,671 ) maka hipotesis yang dihasilkan ada pengaruh signifikan penggunaan model Pembelajaran Cooperative Tipe NHT ( Numbered Head Together) berbantuan LMS terhadap hasil belajar pada materi Vektor siswa kelas X SMA Swasta Gajah Mada Medan T.A 2022/2023.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalpenelitianfisikawan

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Fisikawan is a scientific publication to disseminate the results of research and society service and the results of various fields of thought knowledge to the klecturers, students and related institutions, especially in Indonesiawhich leads to an increasing the "human development ...