Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Hots Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Pokok Pengukuran Siswa Kelas X Semester Ganjil SMA Yayasan Perguruan Nasional Sidikalang T.P 2019/2020.Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh atau akibat dari suatu yang ditimbulkan pada subjek yaitu siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester Ganjil SMA Yayasan Perguruan Nasional Sidikalang yang terdiri dari 3 kelas pararel.pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X-1 Sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 orang yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif berbasis Hots dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang yang diajar dengan pembelajaran langsung. Instrumen dalam penelitian ini berjumlah 13 butir soal berbentuk pilihan ganda dengan 5 option (a,b,c,d dan e) yang telah diuji validitas, realibilitas,tingkat kesukaran dan daya beda.Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata- rata pretes kelas eksperimen adalah 35,12 dengan standar deviasi 11,55 dan kelas kontrol 37,17 dengan standar deviasi 13,71.Dari hasil uji t dua pihak diperoleh thitung 0,6291 dan ttabel 2,002 karena thitung ttabel (3,369 >1,671),hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Kooperatif berbasis Hots terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pengukuran kelas X semester Ganjil SMA Yayasan Perguruan Nasional Sidikalang T.P. 2019/2020.
Copyrights © 2020