JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN
Vol 4 No 2 (2021): AGUSTUS

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA MICROSOFT POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK PERPINDAHAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMK SWASTA TELADAN MEDAN TP. 2019/2020

Rameyanti Tampubolon (Universitas Darma Agung)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Microsoft power point terhadap hasil belajar fisika pada materi pokok perpindahan kalor di kelas X semester II SMK Swasta Teladan Medan T.P. 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas X Semester II SMK Swasta Teladan Medan yang terdiri dari 16 kelas dengan jumlah seluruh siswa adalah 565 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, dimana diperoleh kelas X TKJ-3 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang berjumlah 31 siswa dan kelas X TKR-6 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran langsung berjumlah 31 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes soal yang berjumlah 17 butir soal tes dengan berbentuk pilihan ganda dengan 5 option ( a, b, c, d, dan e) yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 38,77 dengan standar deviasi 11,28 dan kelas kontrol 37,80 dengan standar deviasi 10.76. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan SPSS diperoleh sign(2-tailed) = 0,731 dan α = 0,05 karena sign > α (0,731 > 0,05) maka dapat dinyatakan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, diakhir pembelajaran dilakukan postes dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen diperoleh 80,35 dengan standar deviasi 8,97 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 75,29 dengan standar deviasi 8,021. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan SPSS diperoleh sign(2-tailed) = 0,024 dan α = 0,05 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = 60. Karena sign < α (0,024 < 0,05), hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model kooperatif tipe STAD berbantuan Microsoft power point terhadap hasil belajar fisika pada materi pokok perpindahan kalor di kelas X semester II SMK Swasta Teladan Medan T.P.2019/2020

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalpenelitianfisikawan

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Fisikawan is a scientific publication to disseminate the results of research and society service and the results of various fields of thought knowledge to the klecturers, students and related institutions, especially in Indonesiawhich leads to an increasing the "human development ...