JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN
Vol 5 No 1 (2022): FEBRUARI

PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIA SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Sarmaida Sipahutar (Universitas Darma Agung)
Hari N Siboro (Universitas Darma Agung)
Dede Parsaoran Damanik (Universitas Darma Agung)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MIA SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester I SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan yang terdiri atas 2 kelas dengan jumlah seluruh siswa adalah 30 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling,dimana jumlah sample sama dengan populasi dan yang menjadi sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas eksprimen, yang diajarkan dengan model Probem Based Learning berbantuan alat peraga dan siswa kls X MIA 2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung berbantuan alat peraga . Instrumen penelitian ini menggunakan tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 14 item dengan 5 option (a, b, c, d, dan e) yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Sebelum pengujian hipótesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes untuk kelas eksperimen adalah 42,67 dengan standar deviasi 7,47 dan untuk kelas kontrol adalah 41,33 dengan standar deviasi 6,76. Untuk kemampuan awal didapat thitung= 0,523 dan ttabel = 2,05. Menunjukkan bahwa thitung< ttabel, maka kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Setelah pembelajaran berakhir dilakukan postes untuk kedua kelas dan didapat nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,89 dengan standar deviasi 8,31 sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai postes sebesar 77,78 dengan standar deviasi 8,61. Berdasarkan uji Homogenitas pretes diperoleh data Fhitung = 1,221 sedangkan Ftabel = 2,48. Karena Fhitung (1,221) < Ftabel (2,48) maka data penelitian pretes homogen, kemudian uji Homogenitas postes diperoleh data Fhitung = 0,93 sedangkan Ftabel = 2,48. karena Fhitung (0,93) < Ftabel (2,48) maka data penelitian postes homogen, selanjutnya dilakukan uji statistik (uji t satu pihak) diperoleh thitung = 3,90 dan ttabel = 1.70 pada taraf nyata α = 0,05, dengan dk sebanyak 28. Karena thitung> ttabel yaitu (3,90> 1.70) maka hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model Probem Based Learning berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar Fisika pada materi pokok Pengukuran di kelas X MIA semester I SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalpenelitianfisikawan

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Fisikawan is a scientific publication to disseminate the results of research and society service and the results of various fields of thought knowledge to the klecturers, students and related institutions, especially in Indonesiawhich leads to an increasing the "human development ...