Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak
Vol 2 No 1 (2020): Pengasuhan AUD dan Bimbingan

IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MODEL PBL UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN SISWA MEROKOK DI SMK NEGERI 12 SURABAYA

Rika Hari Retnowati (SMK Negeri 12 Surabaya)
Sri Sutriswati (SMK Negeri 12 Surabaya)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2020

Abstract

Era millennial merupakan era penuh tantangan bagi guru bimbingan konselingdalam menghadapi perilaku siswa yang beragam. Perilaku siswa SMK yang palingmuda kita temui yakni siswa yang telah terbiasa dengan merokok, Tujuan penelitianyaitu untuk mengetahui apakah implementasi bimbingan kelompok dengan metodeProblem Based Learning dapat mengurangi kebiasaan merokok pada siswa. Subyekpenelitian berjumlah 10 siswa Kelas XI jurusan Karya Kreatif Logam dan Perhiasandengan metode pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi, wawancara, danobservasi yang selanjutnya akan dianalisis menggunakan tindakan deskriptif kuantitatifdan analisis observasi. Hasil penelitian pelaksanaan layanan bimbingan kelompokdengan metode pembelajaran problem based learning dapat mengurangi kebiasaan siswamerokok.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

aulada

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

AULADA adalah jurnal yang bertujuan untuk mempublikasikan artikel hasil diskusi, pemikiran dan penelitian dalam bidang pendidikan dan perkembangan anak khususnya usia dini. Jurnal AULADA diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren KH. Abdul ...