cover
Contact Name
Dwi Bhakti Indri M
Contact Email
indrimdwibhakti@gmail.com
Phone
+6281330541008
Journal Mail Official
aulada.ikhac@gmail.com
Editorial Address
Kampus A Lt. 1 Jl. Tirtowening Bendungan Jati Pacet Mojokerto
Location
Kota mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak
ISSN : -     EISSN : 26561638     DOI : https://doi.org/10.31538/aulada
AULADA adalah jurnal yang bertujuan untuk mempublikasikan artikel hasil diskusi, pemikiran dan penelitian dalam bidang pendidikan dan perkembangan anak khususnya usia dini. Jurnal AULADA diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto. Terbit dua kali dalam setahun, yaitu Semester Ganjil dan Genap.
Articles 49 Documents
Mengasah Keterampilan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bernyanyi Eka Rizki Amalia; Hasana Hasana
Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak Vol 1 No 1 (2018): Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.748 KB) | DOI: 10.31538/aulada.v1i1.207

Abstract

During the children’s development, they will experience a phase called the golden age. This phase is the most crucial stage in children's development because they will grow and develop rapidly. This phase is the foundation for developing cognitive, motoric, socio-emotional, religious, moral and language abilities. Regarding the development of children's language skills, it will be optimal if it is conducted with stimulation from the surrounding both from the parents or family and the teachers. This literature study discusses the importance of directing and fostering the children’s language skills from early childhood and activities that can support the stimulation process of early childhood language skills. The results of the literature review show that children’s language skills must be directed and nurtured since early childhood. A person's language skills show his intelligence in expressing certain words and sentences regularly and precisely. For early childhood, the best stimulation is given by singing activities. Singing activities cannot be separated from social relations, both with the environment, society, friends, and family. By singing activities, children will be introduced to how to respect others, to put themselves in a new environment, and train their ability to communicate.
Telaah Perilaku Salah Suai dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini Annisa Rahmilah Bakri; Dwi Bhakti Indri M
Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak Vol 1 No 1 (2018): Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.845 KB) | DOI: 10.31538/aulada.v1i1.208

Abstract

Pada saat sekarang ini masyarakat dibuat heran kan nilai – nilai kemanusiaan yang telah hilang aat ini. Anak – anak yang seharusnya merupakan generasi penerus bangsa telah dirusak masa depannya oleh perilaku orang – orang yang tidak bertanggung jawab. Media yang seharusnya gunakan untuk komunikasi di salah gunakanleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab. Terjadinya penyimpangan perikaku pada ada karena kurangnya komunikasi yang baik dengan orang tua, kurangnya pengawasan yang diberikan kepada anak, sehingga anak menjadi mudah terpengaruh dengan dunia luar tanpa pengawasan orang tua. Untuk menghindari semua hal tersebut diperlukan terjalinnya komunikasi yang baik antara orang tua dan anak,sehingga orang tua dapat mengetahui apa saja yang dilakukan oleh anak dan apa saja yang di rasakan oleh anak, terlebih lagi di era digital sekarang ini. Kondisi lingkungan dan juga orang tua sangat mempengaruhi perkembangan anak selanjutnya. Setelah semua hal itu menjadi satu bisa di pastikan bahwa akan mengurangiperilaku menyimpang pada anak. Apa lagi dengan anak – anak usia dini yang masih mudah untuk dipengaruhi, maka dari itu sangat diperlukan pengawasan – pengawasan dari orang tua maupun pendidik dalam mendidik anak, karena anak usia dini adalah imitasi terbaik, anak – anak akan sangat mudah meniru apa saja yang dilakukan oleh orang yang berada di sekitarnya apalagi hal tersebut adalah orang tuanya sendiri maka juga anak akan lebih mudah meniru. Maka dari itu orang tua perlu untuk menjaga sikap di dihadapan anak agar tidak terjadi perilaku menyimpang pada anak dan perkembangannya.
Pengaruh Media Sosial pada Perkembangan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini Salis Khoiriyati; Saripah Saripah
Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak Vol 1 No 1 (2018): Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.139 KB) | DOI: 10.31538/aulada.v1i1.209

Abstract

Anak usia dini memiliki potensi perkembangan kognitif yang sangat pesat pada 4 tahun pertama kehidupannya. Perubahan teknologi yang sangat pesat memudahkan segalanya, terutama pada penyediaan sarana untuk mengoptimalisasi perkembangan kognitif anak usia dini yang berupa YouTube. Jurnal ini dibuat untuk mengetahui dan memahami bahwa media sosial yang berupa YouTube dapat mengoptimalkan perkembangan kognitif pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data ini dihasilkan dari pengamatan pada lingkungan sekitar dan pengalaman yang terjadi pada keluarga dalam penggunaan YouTube. Hasil ini menunjukkan bahwa Pemberian stimulasi berupa YouTube pada anak usia dini dapat meningkatkan perhatian dan konsentrasi, rasa ingin tahu, daya ingat, imajinasi, kreativitas, dan bahasa pada anak usia dini. Untuk itu, media sosial yang berupa YouTube dapat dinyatakan sebagai bentuk stimulus dalam mengoptimalisasikan perkembangan kognitif pada anak usia dini.
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Screamble pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Pokok Bahasan Akhlak Terpuji Nabi dan Rasulkelas IV MI NU Purwosari Metro Iim Lumiani; Muhammad Yusuf; Binti Khoiriyah; Masrurotul Mahmudah
Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak Vol 1 No 1 (2018): Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.417 KB) | DOI: 10.31538/aulada.v1i1.210

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses dalam rangka mempengaruhi peserta didik supaya mampu menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungannya. Untuk itu dalam proses pembelajaran diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat membuat peserta didik itu memiliki rasa nyaman, aman dan senang dengan mata pelajaran yang digunakan. Maka metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran screamble. Screamble merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan konsentrasi dan kecepatan berpikir siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D). Peniliaian bahan ajar ini menggunakan angket, yang dinilai oleh ahli materi, ahli media. Pertanyaan untuk setiap angket memiliki jumlah butir soal yang berbeda sesuai dengan ahli masing-masing. Dalam uji coba itu ada dua tahapan yaitu uji coba terbatas dengan 6 orang siswa dan uji coba pemakaian dengan 27 siswa. Dalam penelitian ini dilakukan revisi bahan ajar untuk masing-masing ahli sebanyak dua kali, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari bahan ajar yang dikembangkan.Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil validasi dari masing-masing ahli seperti ahli materi memperoleh skor sebesar 3,5, dan ahli media memperoleh skor sebesar 3,4, serta dalam uji coba terbatas dan uji coba pemakaian yang dilakukan oleh guru yang memperoleh skor 3,6 dan siswa mendapatkan skor sebesar 3.76 dengan kategori sangat baik. Sehingga bahan ajar berbasis screamble yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Efektifitas Cinema Therapy untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Korban Perceraian Orang Tua Salis Khoiriyati; Eka Rizki Amalia
Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak Vol 1 No 2 (2019): PIAUD
Publisher : Prodi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (145.58 KB) | DOI: 10.31538/aulada.v1i2.211

Abstract

This study aims to find out how effective cinema therapy is to increase parents' trust. in this study, subjects were given intervention by showing several films that had a storyline that was almost the same as the subject's life. in the film there is a motivation that there is nothing to worry about from parents' divorce. In addition, psychoeducation is also given to families who care for children who are victims of divorce
Optimalisasi Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Peran Indah Fajrotuz Zahro; Nurul Azizah Ria Kusrini
Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak Vol 1 No 1 (2018): Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.108 KB) | DOI: 10.31538/aulada.v1i1.212

Abstract

Language is one of the important aspects for early childhood development. Language functions as a means of communication as well as being an important means for the lives of children. It is dangerous to be a means for children to be able to interact with each other, share their experiences, and be able to improve intellectually, namely in order to develop their language knowledge and skills. For early childhood it is a period of development that must be fostered and developed so that they can make full use of their language skills. If the guidance, direction, and handling are not appropriate or even not obtained by the child causes language development that is not in accordance with what is expected by parents at home or by educators at school. The methods that can be done to stimulate and optimize children's language intelligence, including the method of question and answer, storytelling, tourist visits and play play (dramatic play). The role playing method consists of playing the role of macro and micro by going through the stages of playing an artificial role, playing with the object, pretending to be related to actions and circumstances, perseverance and oral communication. Based on data analysis and discussion, information can be obtained that the method of playing drama (play dramatically) / role playing is carried out in several stages, namely identifying figures, determining story settings, interpreting stories and values ​​contained, reflection and observation. The application of this technique is expected to provide optimization of early childhood language intelligence.
IMPROVING THE EARLY CHILDHOOD LANGUAGE SKILLS THROUGH SINGING ACTIVITY Eka Rizki Amalia; Hasana Hasana
Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak Vol 1 No 2 (2019): PIAUD
Publisher : Prodi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.463 KB) | DOI: 10.31538/aulada.v1i2.242

Abstract

During the children’s development, they will encounter a stage called the golden age. This stage is the most vital stage in children’s improvement since they will develop and grow quickly. This stage is the establishment for creating psychological, motoric, socio-emotional, religious, moral and language capacities. As to improvement of youngsters' language skills, it will be ideal on the off chance that it is led with incitement from the encompassing both from the guardians or family and the teachers. This literature study talks about the significance of directing and fostering the youngsters' language abilities from early childhood and exercises that can bolster the incitement procedure of early children’s language skills. The result of the literature review demonstrate that childrens’ language skills must be coordinated and supported since early childhood. An individual's language skills demonstrate his insight in communicating certain words and sentences normally and absolutely. For early childhood, the best stimulation is given by singing activities. Singing activities cannot be isolated from social relations, both with the surrounding, society, friends, and family. By singing activities, children will be acquainted with how to regard others, to place themselves in another condition, and train their capacity to communicate.
Optimalisasi Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan di Raudhatul Athfal (RA) Nia Indah Purnamasari
Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak Vol 1 No 1 (2018): Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.079 KB) | DOI: 10.31538/aulada.v1i1.310

Abstract

Lembaga pendidikan Islam seperti Raudhatul Athfal (RA) memiliki ciri khusus yang membedakan dengan lembaga pendidikan lainnya, sehingga diperlukan pengelolaan secara terperinci, khususnya manajemen kesiswaan. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan urgensitas manajemen kesiswaan penyelenggaraan RA sebagai pembanding sekaligus melengkapi penelitian sebelumnya. Hasil penelitian ini adalah manajemen kesiswaan RA dapat optimal dengan kegiatan-kegiatan yang bersangkutan dengan masalah kesiswaan di sekolah harus meliputi perencanaan, penerimaan, dan pembinaan secara kontinyu terhadap seluruh peserta didik, agar siswa dapat mengikuti proses belajar mengajar secara efektif dan efisien. Optimalisasi manajerial kesiswaan di sini dimaksudkan untuk mengatur berbagai kegiatan dalam bidang kesiswaan mulai dari perekrutan, mengikuti pembelajaran sampai dengan lulus, hingga rencana studi selanjutnya. Untuk meningkatkan kualitas lulusan, manajemen kesiswaan pada lembaga RA tidak hanya dilaksanakan dengan pencatatan data peserta didik semata, akan tetapi juga meliputi aspek yang lebih luas, yaitu dapat membantu upaya pertumbuhan dan perkembangan anak melalui seluruh proses pendidikan di RA.
PENGARUH PERAN GURU DAN SERVICE LEARNING TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI KELOMPOK BERMAIN AL HASANAH DESA SAJEN KECAMATAN PACET KABUPATEN MOJOKERTO Luluil Maknuun
Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak Vol 1 No 2 (2019): PIAUD
Publisher : Prodi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.124 KB) | DOI: 10.31538/aulada.v1i2.334

Abstract

ABSTRAK Pendidikan karakter adalah nyawa dari pendidikan untuk generasi muda. Jila selama ini anak hanya dibebani dengan tugas yang diberikan guru untuk menjadi idola seperti yang dibayangkan pihak luar, pada pendidikan karakter peserta didik dididik untuk menjadi dirinya sendiri dalam keserasian dengan orang lain, lingkungan dan masa depan bangsa. Pendidikan karakter adalah sejatinya melalui pemahaman konsep, aplikasi dan refleksi serta penyaturagaan hakikat diri sebagai manusia cerdas dan otonom yang mampu untuk berbuat yang terbaik untuk diinya sendiri, lingkungan, bangsa dan agama. Guru merupakan model yang akan diserap peserta didik, untuk itu dibutuhkan metode pembelajaran penyatuan antara pengetahuan, refleksi dan amalan. Demikian kuatnya pengaruh guru dibutuhkan orientasi baru guru dalam mendidik karakter yaitu kemampuan pemberdayaan dan pembangunan masyarakat. Guru harus memahami, dapat menarik manfaat langsung dan sekaligus mampu mengembangkan struktur baru dalam masyarakat yang akan memberikan makna langsung bagi peserta didik. Pembangunan masyarakat bagi anak usia dini adalah keterlibatan langsung anak pada kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat dibawah kerjasama antara guru dengan masyarakat secara berkesinambungan.
PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEMATIK INTEGRATF UNTUK MEMPERSIAPKAN CALON GURU MI STAI TARUNA SURABAYA Lisa Alistiana
Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak Vol 2 No 1 (2020): Pengasuhan AUD dan Bimbingan
Publisher : Prodi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.913 KB) | DOI: 10.31538/aulada.v2i1.517

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran seni budaya menggunakan pendekatan tematik integratif. Pembelajaran pendekatan tematik integratif dilaksanakan menggunakan prinsip pembelajaran terpadu yaitu dengan memadukan konsep tema ke dalam materi pada mata kuliah seni budaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma kualitatif. Penelitian dilaksanakan di STAI Taruna Surabaya dengan subjek penelitian adalah Mahasiswa PGMI. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data dengan melakukan tahapan reduksi, penyajian, dan verfikasi data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran seni budaya di STAI Taruna Surabaya dilaksanakan dengan menggunakan dua cara, yaitu 1) mengintegrasikan konsep tema ke dalam materi pembelajaran seni budaya, 2) mengintegrasikan konsep tema ke dalam materi pembelajaran seni budaya yang telah diintegrasikan dengan mata kuliah lain.