PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
Volume 7 Nomor 1 April 2023

Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Mengatasi Prilaku Abnormal Siswa Sekolah Dasar

Hakim, Tita Kurnia (Unknown)
Wibowo, Devi Vionitta (Unknown)
Nurseha, Afif (Unknown)
Egistiani, Shyntia (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi guru pendidikan guru agama islam untuk mengatasi permasalahan prilaku abnormal pada siswa. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk prilaku abnormal pada siswa serta untuk mengetahui strategi yang diterapkan guru pendidikan agama islam dalam mengatasi prilaku abnormal pada siswa dan untuk mengetahui implikasi penanggulangan prilaku abnormal terhadap pendidikan agama islam masa kini. Penelitian ini bertempat di SDN Cikujang Kabupaten Subang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan observasi atau pengamatan yang dilakukan untuk mengamati prilaku abnormalpada siswa dan melakukan wawancara kepada pihak sekolah SDN Cikujang yaitu kepada Kepala Sekolah dan Guru PAI untuk mengkonfirmasi strategi yang digunakan untuk mengatasi masalah prilaku abnormal pada siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui beberapa bentuk-bentuk prilaku abnormal pada siswa dengan strategi guru pendidikan agama islam dalam mengatasi prilaku abnormal yaitu dengan cara melakukan pencegahan terlebih dahulu. Selain itu juga guru selalu memberikan pengarahan sebaik mungkin serta melaksanakan pembiasaan keagamaan seperti membaca yasin setiap jum’at dan selalu melaksanakan hari-hari besar islam serta selalu menanamkan nilai-nilai agama sejak dini agar bisa menjadikan peserta didik yang berkarakter baik.This study discusses the strategy of Islamic religious teacher education teachers to overcome the problem of abnormal behavior in students. The purpose of this study aims to find out how abnormal behavior forms in students and to find out the strategies applied by Islamic religious education teachers in dealing with abnormal behavior in students and to find out the countermeasures for abnormal behavior in contemporary Islamic religious education. This research took place at Cikujang Elementary School, Subang Regency. This study uses a descriptive descriptive research method by making observations or observations made to observe abnormal behavior in students and conducting interviews with the Cikujang Elementary School, namely the Principal and Islamic Religious Education Teachers to confirm the strategies used to overcome the problem of abnormal behavior in students. The results of this study are to find out some forms of abnormal behavior in students with Islamic religious education teacher strategies in overcoming abnormal behavior, namely by taking precautions first. In addition, the teacher always provides the best possible direction and carries out religious habits such as reading yasin every Friday and always carrying out Islamic holidays and always instilling religious values from an early age so that they can become students with good character.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pembelajar

Publisher

Subject

Education

Description

PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan ...