LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA
Vol. 12 No. 2 (2022): November 2022

PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING MODULE BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA SMP

Sri Wahyuni (Universitas Jember)
Elok U.P. Wulandari (Universitas Jember)
Rusdianto (Universitas Jember)
Rizka Elan Fadilah (Unknown)
Firdha Yusmar (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan modul mobile learning berbasis android pada materi struktur dan fungsi tumbuhan untuk meningkatkan literasi digital siswa SMP. Pengembangan bahan ajar modul mobile learning berbasis android pada materi struktur dan fungsi tumbuhan ini didasari oleh kebutuhan bahan ajar yang sesuai untuk pembelajaran abad 21 yang identik dengan pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi. Metode penelitian ini adalah desain pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persentase validitas modul mobile learning berbasis Android adalah 91% dari rata-rata tiga validator, (2) persentase kepraktisan modul mobile learning berbasis Android adalah 96, 8%, (3) skor keefektifan modul mobile learning berbasis android adalah 0,45 yang diperoleh dari uji N-gain dan 97% dari angket respon siswa sehingga dapat disimpulkan bahwa modul mobile learning berbasis android valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan literasi digital siswa SMP.

Copyrights © 2022