Analisis kebutuhan ini bertujuan untuk mengetahui bahan ajar yang dibutuhkan guru pada materi mutasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMA Negeri Palembang. Penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif, populasi penelitian 22 SMA Negeri Palembang dan sampel penelitian, yaitu SMA Negeri 4 Palembang, SMA Negeri 9 Palembang dan SMA Negeri 19 Palembang. Instrument berupa lembar angket kuesioner guru dan peserta didik serta dokumentasi. Hasil analisis kebutuhan ketiga SMA Negeri Palembang bahwa guru membutuhkan bahan ajar berupa LKPD. Hal ini guru masih belum mendesain sendiri, tetapi ada yang sudah mendesain namun belum berbasiskan model pembelajaran. LKPD yang akan dikembangkan berbasis model pembelajaran, sehingga dapat membantu peserta didik untuk melatih keterampilan berpikir kritis, memecahkan masalah dan menganalisis pada materi mutasi. Proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran, yaitu Problem-Based Learning dan Discovery Learning.
Copyrights © 2023