Jurnal Ilmiah POTENSIA
Vol 8 No 1 (2023): JANUARI

Pengembangan Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Fun Games Circle

Aji Nur Shofiah (Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto)
Fauzi Fauzi (Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Egosentris sifat alamiah anak yang perlu di arahkan agar mereka dapat mengembangkan pemahaman terhadap pendapat orang lain dan memiliki kemampuan untuk bekerjasama. Anak yang memiliki kemampuan bekerjasama akan mudah bersosialisasi dengan temannya. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia dini melalui kegiatan fun game circle. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas B semester satu di RA Muslimat NU Kembaran Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Sumber data yang digunakan adalah purposif sampling diantaranya terdiri dari kepala sekolah, guru kelas dan guru pembimbing. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) penarikan kesimpulan (conclution drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa  kegiatan Fun Games Circle dapat digunakan dalam mengembangkan kemampuan kerjasama anak. Karena dalam Fun games circle itu anak-anak dikondisikan untuk menaati aturan-aturan, memecahkan masalah bersama temannya, dan terdapat masalah yang harus diselesaikan bersama. Kondisi tersebut yang membuat anak terbiasa untuk bekerjasama.  Kemudian fun games circle membuat anak mau bergabung dengan temannya, anak antusias mengikuti games, anak mau bermain saat istirahat, anak mau berbagi dengan teman, anak membantu dan mendorong anak lain untuk mengikuti games, anak merespon baik jika ada yang menawarkan bantuan, anak terlibat aktif dalam kegiatan games, mengucapkan terimakasih ketika dibantu teman, anak mampu mengatur strategi untuk menyelesaikan kegiatan, anak membagi tugas dalam kegiatan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

potensia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Potensia merupakan hasil penelitian tentang Pendidikan Anak Usia Dini yang menyajikan hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian dengan paradigma penelian seperti PTK, Kualitatif, Kuantitatif, Teoritik, Opini, Resensi buku dan kajian lainnya. Jurnal ini diperuntukkan bagi para ahli, ...