Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang kerap kali digunakan dalam berbagai pertemuan antar negara di dunia. Mengingat perkembangan zaman yang semakin maju dan teknologi yang semakin berkembang, urgensi bahasa inggris tidak diragukan lagi untuk mendukung berbagai kegiatan manusia. Selain dari pada itu, bahasa inggris kerap kali menjadi faktor pendukung dalam memahami berbagai pelajaran yang ada di sekolah, perguruan tinggi dan tidak terkecuali pondok pesantren modern yang umumnya menerapkan aturan kepada para santrinya untuk berinteraksi dengan dua bahasa setiap hari yaitu bahasa arab dan bahasa inggris. Tidak hanya sebatas aturan, akan tetapi disertai juga dengan pembelajaran, bimbingan bahkan contoh teladan setiap harinya oleh berbagai figur yang ada di pesantren. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriftif yang bertujuan untuk mendapatkan data yang mendalam dan suatu data yang mengandung makna. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah berbagai upaya dan metode yang diterapkan oleh pembimbing bahasa sangat menentukan para pelajar untuk merasa mudah dalam mempelajari bahasa inggris serta menimbulkan minat yang kuat untuk mempraktikannya dalam bentuk percakapan setiap hari.
Copyrights © 2023