Penelitian ini dilakukan karena kurangnya hasil perolehan nilai pada kompetensi penulisan geguritan pembelajaran Bahasa Jawa siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Probolinggo. Tujuan penulisan dari penelitian ini untuk menghasilkan produk pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Animasi Power Point Pada Belajar Menulis Geguritan (Puisi Jawa) Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Probolinggo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan dalam penelitian ini memakai model pengembangan ADDIE dengan desain teori model pengembangan yang dilakukan lima langkah yaitu (1) Analisis, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Penelitian ini menghasilkan produk berupa Media Pembelajaran Interaktif Animasi Power Point Pada Belajar Menulis Geguritan (Puisi Jawa) Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Probolinggo. Berdasarkan validasi oleh Praktisi Lapangan (ahli materi), ahli media, dan pengguna atau peserta didik dengan melakukan uji coba kelompok kecil, yakni 10 siswa kelas VII SMPN 7 Kota Probolinggo dengan menggunakan instrumen yaitu lembar Praktisi Lapangan (ahli materi), ahli media, dan pengguna atau peserta didik. Hasil validasi pengembangan produk uji ahli materi/isi 86%, hasil validasi uji ahli media 83%, hasil uji coba kelompok kecil 93%. Dari ketiganya didapatkan hasil Sangat baik, sehingga pembelajaran berbasis multimedia interaktif Animasi Power Point Pada Belajar Menulis Geguritan (Puisi Jawa) sangat layak digunakan.
Copyrights © 2023