Penelitian tentang implementasi pemberdayaan perempuan dilakukan melalui kelas pemberdayaan perempuan bagi peningkatan pengetahuan dan keterampilan serta motivasi berwirausaha. Penelitian ini terbagi menjadi dua poin utama tentang bagaimana implementasi pemberdayaan perempuan melalui pemanfaatan aplikasi tiktok seller dalam menumbuhkan motivasi berwirausaha dan bagaimana faktor penghambat dan pendukung implementasi pemberdayaan perempuan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi pemberdayaan perempuan melalui pemanfaatan aplikasi tiktok seller dalam menumbuhkan motivasi berwirausaha; faktor penghambat dan pendukung. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan kelas di whatsapp group dengan di ikuti oleh satu orang sebagai pemateri dan enam orang partisipan. Hasil penelitian implementasi pemberdayaan perempuan ini cukup baik. Dikarenakan kelas pemberdayaan perempuan ini merupakan keterampilan yang ingin di pelajari dan keingintahuan team Hamasah Hijab Muslims sehingga banyak memberikan manfaat untuk menumbuhkan motivasi berwirausaha. Adapun faktor penghambat implementasi pemberdayaan perempuan melalui pemanfaatan aplikasi tiktok seller adalah pelaksanaan kelas kurang maksimal, penerimaan materi masih kurang, kurangnya rasa percaya diri. Sedangkan faktor penunjang keberhasilan implementasi pemberdayaan perempuan di dukung oleh berbagai faktor yaitu cukup baik minat team Hamasah Hijab Muslims untuk mengikuti kelas dan perangkat yang cukup memadai.Kata Kunci: pemberdayaan perempuan, aplikasi tiktok seller, motivasi wirausaha
Copyrights © 2023