JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
Vol 9 No 1 (2023): JUMLAHKU VOL.9 NO.1 2023

SELF-EFFICACY SISWA SMA BERGAYA KOGNITIF IMPULSIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Dian Fitriana (Universitas Pendidikan Indonesia)
Suhendra (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dadang Juandi (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat self-efficacy yang dimiliki siswa bergaya kognitif impulsif dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu dua puluh satu siswa kelas X IPA di salah satu SMA di Kota Palembang. Instrumen tes untuk mengetahui gaya kognitif siswa menggunakan Matching Familiar Figure Test (MFFT). Instrumen non-tes self-efficacy menggunakan angket yang terdiri dari 28 butir pernyataan dengan 15 pernyataan positif dan 13 pernyataan negatif berdasarkan dimensi self-efficacy. Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SMA kelas X IPA yang bergaya kognitif impulsif memiliki tingkat self-efficacy sedang, kemudian sisanya siswa bergaya kognitif impulsif memiliki tingkat self-efficacy tinggi. Tidak terdapat siswa bergaya kognitif impulsif yang memiliki tingkat self-efficacy rendah. Dapat dikatakan bahwa siswa bergaya kognitif impulsif memiliki tingkat kepercayaan terhadap kemampuan di dalam dirinya terhadap proses pembelajaran matematika tergolong baik. Kemudian berdasarkan persentase dimensi self-efficacy diketahui bahwa siswa bergaya kognitif impulsif dengan tingkat self-efficacy tinggi maupun tingkat self-efficacy sedang memiliki keyakinan yang baik terhadap dirinya bahwa dapat menyelesaikan keberagaman tingkat kesulitan dari suatu permasalahan dan berani mengambil resiko. Namun, siswa bergaya kognitif impulsif kurang berhati-hati sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi hasil atau tingkat capaian siswa tersebut menjadi kurang maksimal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jumlahku

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

JUMLAHKU published scientific articles through digital journals in 2015 with issue volume 1 number May 1 2015. The period of publication of this journal is every May and ...