Kepemimpinan yang baik akan menghasilkan output kerja yang baik juga terhadap suatu organisasi yang dipimpinnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Sultan Agung Sleman. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah MI Sultan Agung Sleman, dan adapun metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah dalam memajukan mutu pendidikan di MI Sultan Agung, sebagai berikut: Kepala madrasah selalu memonitori dalam proses pembelajaran untuk mengetahui kekurangan atau apa saja yang harus diperbaiki dari standar yang sudah ada, baik dari cara guru mengajar, kelengkapan fasilitas, dan kerapihan kelas. Kepala madrasah selalu mengadakan evaluasi untuk memperbaiki apa saja permasalahan yang harus diselesaikan. Kepala madrasah menegur guru ketika ada salah satu guru yang menyimpang dari peraturan atau tartib yang ada di MI Sultan Agung. Kepala madrasah mewajibkan seluruh peserta didik sebelum lulus dari madrasahnya wajib hafal juz 30 dan bisa membaca dan menulis Al-Qur’an.
Copyrights © 2022