Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Vol 10, No 1 (2023): Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen

Pengaruh Price Discount, In-Store Display dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying pada Konsumen Indomaret (Studi Pada Mahasiswa FISIP UPN Veteran Jawa Timur)

R. Yuniardi Rusdianto (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)
Ninda Nur Aprilia (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh potongan harga, in-store display dan store atmosphere terhadap pembelian impulsif di kalangan konsumen Indomaret. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa FISIP UPN Veteran Jawa Timur yang pernah berkunjung dan melakukan transaksi atau pembelian di gerai Indomaret. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 100 responden dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas dan hasil pengujian menunjukkan bahwa semua instrumen dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji f dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel price discount, in-store display dan store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying konsumen Indomaret. Secara parsial Diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif di kalangan konsumen Indomaret. Secara parsial, In-Store Display berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pada konsumen Indomaret. Secara parsial Store Atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pada konsumen Indomaret

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Inovasi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen adalah publikasi ilmiah yang memuat hasil penelitian dan kajian pemikiran bidang ilmu ilmu manajemen, baik di lingkup marketing, sumberdaya manusia dan keuangan. Dikelola oleh Prodi Magister Manajemen Universitas Pamulang, melaui proses review. ...