Perkembangan wilayah dan kota di Indonesia terus meningkat sejalan dengan pertumbuhan transportasi sehingga menambah beban lalu lintas. Hal ini berimplikasi terhadap kerusakan perkerasan jalan. Penelitian terkait dilakukan untuk meningkatkan kinerja perkerasan jalan, salah satunya penggunaan material alternatif, yaitu pasir silika. Diharapkan pasir silika mampu meningkatkan kinerja dan ketahanan deformasi campuran AC-WC. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variasi pasir silika pada campuran AC-WC terhadap nilai poisson ratio dan tingkat ketahanan deformasi campuran. Pengujian dilakukan dengan alat uji Indirect Tensile Strength dan alat uji Wheel Tracking Machine. Dari hasil pengujian diperoleh nilai kuat tarik, poisson ratio, stabilitas dinamis, dan laju deformasi campuran ditunjukkan pada masing-masing variasi pasir silika dengan campuran KAO 5,8%, KAO Interval 4,8%, dan KAO Interval 6,8%. Nilai kuat tarik dan poisson ratio tertinggi ditunjukkan pada campuran KAO 5,8% dengan pasir silika 15% sebesar 83960,15 Kpa dan 0,721. Campuran dengan ketahanan deformasi terbaik ditunjukkan pada campuran pasir silika 15% dengan KAO 5,8%, dengan stabilitas dinamis (DS) tertinggi sebesar 750 lintasan/mm dan laju deformasi (RD) terendah sebesar 0,028 mm/menit.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021