JEC (Jurnal Edukasi Cendekia)
Vol 1 No 1 (2017): Februari

PESISIR PANTAI LAKORAPU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALAMI BAGI ANAK USIA DINI

Asma Kurniati (Universitas Muhammadiyah Buton)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pesisir Pantai Lakorapu sebagai media pembelajaran alami pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif jenis studi kasus. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1) benda-benda yang dapat dijadikan media pembelajaran alami di pantai Lakorapu yaitu: pasir putih, kerang-kerangan, air laut, tangga di dinding tebing, tanaman-tanaman, hewan-hewan pesisir dan perahu; (2) Kegiatan-kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan di pantai Lakorapu yaitu: menulis di pasir, matahari penunjuk waktu, meronce manik-manik dari kerang-kerangan, membuat hiasan dari kerang, bermain ombak, olahraga, koleksi dan grafik daun-daunan, zat warna daun dan bunga, mengamati hewan-hewan kecil dan perahu sebagai transportasi laut: (3) Keterampilan-keterampilan yang dikembangkan bagi anak usia dini yaitu: ketrampilan penggunaan jari-jemari (motorik halus), permulaan pengenalan huruf, keterampilan melakukan pengamatan dan eksperimen, mengenal waktu, koordinasi mata dan tangan, berpikir imajinatif, menyortir dan mengklasifikasi, mengetahui persamaan dan perbedaan, melakukan pengamatan, membuat perkiraan, dan menghitung.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JEC

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal JEC (Jurnal Edukasi Cendekia) diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Buton tahun 2017. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang pendidikan. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian ...