JEC (Jurnal Edukasi Cendekia)
Vol 5 No 2 (2021): Agustus

EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY SISWA DALAM BELAJAR

Maria Ulfa (Universitas Muhammadiyah Buton)
Unhaluddin T Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Buton)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendekripsikan efektivitas teknik sosiodrama melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan efikasi diri dalam belajar pada siswa kelas VIII SMPN 2 Mawasangka. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen jenis quasi experiment dengan non equivalent Pretest Postest Control design. Desain penelitian ini menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan masing-masing kelompok berjumlah 10 siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Mawasangka. Teknik sampling yang digunakan adalah pupossive sampling. Uji analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon. Hasil posttest (evaluasi akhir) dengan 10 sampel pada kelompok eksperimen menujukkan 2 siswa (20% subyek) dalam kategori sedang dan 8 siswa (80% subyek) telah memiliki efikasi diri dalam kategori tinggi dengan peningkatan skor sebesar 303 poin atau sebesar 40.61% dan hasil uji Wilcoxon dengan signifikansi 0.001 lebih kecil 0.05 (0.001<0.005), sedangkan kelompok kontrol mengalami penurunan skor sebesar 1 poin atau sebesar 0.14% yang berarti bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama, efektif untuk meningkatkan efikasi diri dalam belajar pada siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JEC

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal JEC (Jurnal Edukasi Cendekia) diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Buton tahun 2017. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang pendidikan. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian ...