Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendekripsikan efektivitas teknik sosiodrama melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan efikasi diri dalam belajar pada siswa kelas VIII SMPN 2 Mawasangka. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen jenis quasi experiment dengan non equivalent Pretest Postest Control design. Desain penelitian ini menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan masing-masing kelompok berjumlah 10 siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Mawasangka. Teknik sampling yang digunakan adalah pupossive sampling. Uji analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon. Hasil posttest (evaluasi akhir) dengan 10 sampel pada kelompok eksperimen menujukkan 2 siswa (20% subyek) dalam kategori sedang dan 8 siswa (80% subyek) telah memiliki efikasi diri dalam kategori tinggi dengan peningkatan skor sebesar 303 poin atau sebesar 40.61% dan hasil uji Wilcoxon dengan signifikansi 0.001 lebih kecil 0.05 (0.001<0.005), sedangkan kelompok kontrol mengalami penurunan skor sebesar 1 poin atau sebesar 0.14% yang berarti bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama, efektif untuk meningkatkan efikasi diri dalam belajar pada siswa.
Copyrights © 2021