Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan lingkungan sekitar sekolah sebagai media pembelajaran pada materi klasifikasi makhluk hidup terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPK ST. Gabriel Ndona. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian one grup eksperimen desain (one group, pretest post-test). Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMPK St. Gabriel Ndona yang berjumlah 29 orang dan sekaligus dijadikan sebagai sampel, cara yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis statistik deskriptif. Analisis data menunjukan bahwa adanya pengaruh penggunaan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMPK ST. Gabriel Ndona. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar aspek kognitif sebesar 85,52, untuk hasil belajar aspek afektif siswa sebesar 87,66 dan hasil belajar aspek psikomotorik siswa yaitu sebesar 88,14. Berdasarkan hasil analisis uji t (paired sampel t-test), maka dapat diperoleh hasil bahwa Sig. (2 tailed)= 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima.
Copyrights © 2023