Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 3 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Penggunaan Media Diorama Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ndona

Nadrahwati Binti Muthalib (Universitas Flores)
Maimunah H. Daud (Universitas Flores)
Veronika P.S. M Wae (Universitas Flores)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media diorama dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMP Negeri 1 Ndona. Jenis peneliti?n y?ng digun?k?n ?d?l?h eksperimen deng?n pendek?t?n ku?ntit?tif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VII SMP Negeri 1 Ndona yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 156 orang, dan sampel dalam penelitian berjumlah 30 siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji t. Dari hasil perhitungan uji hipotesis menunjukan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunjukan bahwa nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 atau (0,0000,05) maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan bahwa penggunaan media diorama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMP Negeri 1 Ndona

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...