Passing bawah merupakan teknik dasar permainan bola voli yang menonjol dalam bermain bola voli yang dilakukan dengan kedua lengan untuk mampu menahan bola voli atau mengumpan bola voli. Metode pembelajaran SAVI adalah pembelajaran yang menekankan bahwa kegiatan belajar harus memanfaatkan semua alat indra yang dimiliki siswa. Penelitian Ini bertujuan meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli melalui Somatic Auditory Visualization Intelegtuality siswa kelas XI IPS 2 SMAN 13 Makassar. Jenis penelitian penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Subjek siswa kelas XI IPS 2 SMAN 13 Makassar berjumlah 33 siswa, siswa laki-laki sejumlah 20 orang dan siswa perempuan sejumlah 13 orang. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi, dan observasi. Hasil Menunjukan bahwa melalui model bermain dapat meningkat hasil belajar passing bawah bola voli siswa kelas XI IPS 2 SMAN 13 Makassar. Hasil analisis diperoleh terjadi peningkatan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar passing bawah bola voli pada siklus I dalam kategori tuntas 61%, jumlah siswa tuntas 20 siswa. Siklus II terjadi peningkatan presentase hasil belajar passing bawah bola voli siswa kategori tuntas sebesar 97% dengan jumlah siswa yang tuntas 32 siswa, peningkatan hasil belajar siswa pada permainan bola voli melalui model bermain siklus I ke siklus II tercapai.
Copyrights © 2023