Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 1 (2023): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini

PENGEMBANGAN BUKU INTERAKTIF ARBO BERBASIS AUGMENTED REALITY DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA ANAK USIA DINI

Nur, Novita Rohmatin (Unknown)
Ningrum, Mallevi Agustin (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2023

Abstract

Sistem pembelajaran saat ini masih menggunakan media cetak dan papan tulis yang disebut sebagai media pembelajaran manual dan konvesional sering membuat anak kurang aktif dan malas untuk memperhatikan pelajaran. Khususnya dalam pembelajaran ilmu pengetahuan tentang angka, bentuk angka, penyebutan angka dan menuliskan angka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku interaktif ARBO yang efektif dan layak untuk mengenalkan angka pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini termasuk Research and Development model ASSURE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan kuisioner. Subjek uji coba penelitian ini dilakukan di TK Dharma Wanita 1 Kedungadem usia 4-5 tahun. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis wilcoxon match paris . Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif. Pengukuran data kuantitatif hasil validasi penilaian dari ahli media sebesar 95% sedangkan dari ahli materi mendapat nilai sebesar 81% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil efektivitas dari 23 anak mendapat nilai dengan Asymp. Sig sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh buku interaktif ARBO berbasis Augmented Reality dalam menstimulasi kemampuan mengenal angka anak usia dini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia ...