Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penguatan pendidikan karakter yang dilakukan di SDN Sambirejo 02 Semarang pada peserta didik kelas rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengetahui secara natural proses penguatan pendidikan karakter. Sumber data penelitian dari kepala sekolah, guru, dan peserta didik kelas rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dengan kepala sekolah, guru, peserta didik kelas rendah, dan dokumentasi. Analisis menggunakan teknik analisis melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses penguatan pendidikan karakter melalui program pembiasan baik di sekolah maupun di lingkungan keluarga, di sekolah guru menyiapkan model pembelajaran yang mampu menguatkan karakter peserta didik, sedangkan dalam kegiatan ekstrakurikuler peserta didik dibiasakan untuk melakukan semua norma dan aturan yang telah menjadi kesepakatan bersama.
Copyrights © 2023