Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh soft skill siswa terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Sidikalang Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Akuntansi dan Lembaga Keuangan (AKL) SMK Negeri 1 Sidikalang Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah sampel sebanyak 70 siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas Data, analisis regresi linier sederhana, uji signifikansi regresi (F) dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian adalah soft skill siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Sidikalang Tahun Pelajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil persamaan regresi linier sederhana Y=38,703+0,554 X, dengan penjelasan jika variabel soft skill siswa meningkat maka kesiapan kerja meningkat sebesar 0,554%. Soft skills siswa berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja siswa. Kemudian berdasarkan hasil uji signifikansi regresi (uji f) diperoleh 21,338 dengan nilai signifikan 0,000. Nilai derajat kebebasan df(N1)=k-1 =2-1=1, derajat kebebasan df(N2)= n-k= 70-2=68 dengan taraf signifikan α 0,05, maka nilai f tabel adalah 3,98. Dengan demikian, 21,338 > 3,98 dan nilai signifikan (0,000 < 0,05) yang dapat dikatakan regresi berarti dan signifikan. Kata Kunci: Soft Skill, Kesiapan Kerja
Copyrights © 2023