Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 2 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research (Special Issue)

Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen D’cost Seafood Graha Family Surabaya

Kunto Inggit Gunawan (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)
Mataji Mataji (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2023

Abstract

Perkembangan dunia bisnis saat ini semakin pesat, persaingan antar perusahaan sejenis semakin ketat. Agar perusahaan mampu bersaing, perusahaan harus menggunakan konsep pemasaran yang berbeda dengan pesaing, yang dapat membedakan produk perusahaan dengan produk pesaing. D'Cost Seafood merupakan sebuah kuliner yang berada di jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan pada tahun 2006. Berbagai strategi telah dilakukan D'Cost Seafood agar dapat bertahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel experiential marketing, yaitu sense, feel, think, act dan relate terhadap kepuasan konsumen secara simultan maupun parsial, dan untuk mengetahui variabel experiential marketing yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen D'Cost Seafood Graha Family Surabaya.Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F menunjukkan bahwa variabel Sense (X1), Feel (X2), Think (X3), Act (X4) dan Relate (X5) terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Hasil koefisien determinasi (R2 ) sebesar 78,1%, yang berarti bahwa variabel independen (sense, feel, think, act dan relate) hanya memberikan kontribusi sebesar 78,1% terhadap variabel dependen (kepuasan pelanggan). Sisanya sebesar 21,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil koefisien korelasi (R) sebesar 88,4%. Variabel feel merupakan variabel yang dominan. Dan persamaan regresi linier berganda yang diperoleh adalahY = -1,397 + 0,204X1 + 0,248X2 + 0,216X3 + 0,181X4 + 0,194X5 + eKesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel experiential marketing (sense, feel, think, act dan relate) terhadap kepuasan konsumen baik secara simultan maupun parsial. Variabel feel merupakan variabel yang dominan. Saran untuk perusahaan: mempertahankan cita rasa produk, memberikan tambahan harga khusus selama periode tersebut, membuat event khusus untuk pelanggan setia D'Cost Seafood.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...