Society 5.0 membuat manusia menjadi bagian dalam perkembangan teknologi yang semakin menuntut masyarakat untuk dapat beradaptasi dengan cepat dalam kehidupan yang serba otomatis. Hal ini semakin menghapus batasan ruang dan waktu, banyak orangtua yang tenggelam dalam kecanggihan teknologi serta kesibukan pekerjaan yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sehingga kebersamaan dan perhatian untuk anak menjadi berkurang. Pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini merupakan fase yang paling penting dalam tahap perkembangan manusia, sehingga memerlukan perhatian dan bimbingan khusus. Untuk itu diperlukan fasilitas pendidikan di luar rumah yang mampu membantu orangtua dalam mengoptimalisasi tumbuh kembang anak. Starland Preschool & Kindergarten merupakan salah satu fasilitas pendidikan anak usia dini yang membantu optimalisasi tumbuh kembang anak melalui kurikulum Multiple Intelligences. Sekolah tersebut juga menggunakan warna yang variatif dalam desain interiornya, sehingga menghadirkan suasana kelas yang menyenangkan sekaligus berperan sebagai stimulus untuk mendorong sensitivitas anak dalam proses tumbuh kembangnya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi dan gambaran variasi warna yang dapat diterapkan pada elemen pembentuk ruang fasilitas pendidikan anak usia dini sesuai dengan jenis aktivitas yang dilakukan sebagai salah satu stimulasi perkembangan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Penelitian ini memberikan informasi dan gambaran variasi warna yang dapat diterapkan pada desain interior fasilitas pendidikan anak usia dini sebagai salah satu stimulasi perkembangan.
Copyrights © 2023