Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses penerapan kegiatan mentoring untuk meningkatkan kemampuan guru dalam merancang dan menggunakan media pembelajaran program Microsoft PowerPoint dan mendeskripsikan dampak proses penerapan kegiatan mentoring dalam meningkatkan kemampuan guru dalam merancang dan menggunakan media pembelajaran program Microsoft PowerPoint. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah melalui dua siklus yang diawali pra siklus. Setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Bolo dengan subyek penelitiannya yaitu guru IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang berjumlah 49 orang guru. Hasil penelitian siklus 2 jumlah guru yang mengikuti mentoring 49 orang, yang telah tuntas merancang media pembelajaran sebanyak 45 orang (91,84%), dengan nilai rata-rata 4.45. Kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran mengalami peningkatan yaitu ketuntsn pada siklus 1, meningkat dari 34 orang menjadi 45 orang orang pada siklus 2. Terjadinya peningkatan tersebut berhasil mencapai indikator keberhasilan kinerja yang ditetapkan yakni minimal 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kegiatan mentoring dapat meningkatkan kemampuan guru dalam merancang dan menggunakan media pembelajaran program Microsoft PowerPoint.
Copyrights © 2023