Center of Economic Students Journal (CSEJ)
Vol. 5 No. 4 (2022): October-December (2022)

Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah di Kota Makassar

Woretma, Vani Rahmadewanti (Unknown)
Semmaila, Baharuddin (Unknown)
Purnama, Hukma Ratu (Unknown)
Tajuddin, Imran (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi dampak dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Jumlah Wisatawan, Jumlah Penduduk, dan Pengeluaran Pemerintah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menganalisis data time series dari tahun 2012 hingga 2021. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda menggunakan perangkat lunak Statistical Product and Service Solution (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa PDRB memiliki nilai t sebesar 1.801. Meskipun tingkat pengaruh signifikan PDRB terhadap PAD lebih dari 5 persen, namun PDRB memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap PAD. Demikian pula, jumlah wisatawan dengan nilai t sebesar 0.634, sehingga jumlah wisatawan memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap PAD. Selanjutnya, Jumlah Penduduk memiliki nilai t sebesar 0.203 dengan signifikan jumlah penduduk terhadap PAD juga lebih dari 5 yang menunjukkan bahwa jumlah penduduk memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap PAD. Terakhir, pengeluaran pemerintah memiliki nilai t sebesar 0.164, dan tingkat pengaruh signifikan pengeluaran pemerintah terhadap PAD lebih dari 5 persen, sehingga pengeluaran pemerintah berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap PAD.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CSEJ

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

CESJ : Center Of Economic Students Journal is an economics journal/article published and updated on a regular basis by students from the Faculty of Economics at UMI that aims to serve as a place to accommodate ideas, scientific studies, and studies, as well as a conduit of information for academic ...