Pendidikan Indonesia sebagai pewujudan cita-cita penerus bangsa menjadi bangsa yang berdaulat, mandiri, berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila akan haus bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bergotong–royong, dan berkebhinekaan global. Di dunia yang saling terhubung secara global dan digital, semua guru, peserta didik, bahkan orang tua memerlukan keterampilan–pengetahuan baru agar berhasil dalam menjalani kehidupannya. Sampel penelitian meliputi: Kepala sekolah/ atau Wakil (Komite Sekolah), Guru wali kelas I, dan 5 Peserta didik Kelas I. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Kualitatif bersifat Teks Deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Kebermaknaan (P5) proyek penguatan profil pelajar Pancasila melalui dimensi Kebhinekaan Global di sekolah tersebut sudah menerapkan dan dilaksanakan dengan adanya pembiasaan yang dibuat pihak sekolah. Dari pemahaman tersebut agar dapat mampu mewujudkan peserta didik dalam memahami Kebermaknaan (P5) sesuai pada dimensi Kebhinekaan Global yang terdapat disalah satu proyek penguatan profil pelajar Pancasila.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023