JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan Website Pembelajaran Berbasis Literasi Sains pada Topik Global Warming Siswa Kelas VII SMP

Nada Karima Fasya (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sjaifuddin Sjaifuddin (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Septi Kurniasih (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2023

Abstract

Permasalahan yang ditemukan pada beberapa SMP di Cilegon adalah kemampuan literasi sains siswa tergolong rendah sesuai dengan data hasis AKM. Pengembangan media pembelajaran website berbasis literasi sains menjadi resolusi dari permasalahan pembelajaran yang dihadapi siswa. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan produk berbentuk website selamatkan bumi kita berbasis literasi sains tema global warming yang valid sehingga bisa diaplikasikan dalam pembelajaran kelas VII pada tingkat SMP. Penelitian dan pengembangan merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini dan diadaptasi dari 4-D. Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Tahapan yang telah dilakukan sampai tahap pengembangan berupa validasi ahli. Hasil dari validasi ahli materi mendapat presentase senilai 95.45% termasuk pada kriteria “sangat valid”, presentase hasil validasi ahli media senilai 88.75% termasuk pada kriteria “sangat valid”, dan validasi praktisi mendapatkan presentase nilai 90.79% masuk pada kriteria “sangat valid”. Nilai presentase rata-rata dari para ahli didapatkan perhitungan senilai 91.66% masuk pada kriteria “sangat valid” sehingga media pembelajaran website berbasis literasi sains dapat digunakan oleh siswa maupun guru pada tingkat SMP sebagai media pembelajaran pendukung pada tema global warming. Perlu dilakukan uji coba lebih lanjut terkait media pembelajaran website berbasis literasi sains.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...