Perangkat yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran ialah media pembelajaran. Berlandaskan hasil wawancara dan observasi di sekolah didapatkan jika media yang diterapkan belum dikembangkan ke dalam media digital dan media yang digunakan belum cukup memikat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tingkat validasi pengembangan media pembelajaran berbasis e-Katalog untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas VIII SMP pada tema makanan berbahaya. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) yang diadaptasi yang berdasarkan model 4-D. Model tersebut terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Akan tetapi penelitian yang dilakukan ini dibatasi hingga pada tahap develop saja terkhusus pada tingkat validasi ahli. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan uji tingkat validasi didapatkan rata-rata 84,70% kategori sangat baik. Perhitungan skor ini menunjukkan hasil tingkat validasi media pembelajaran berbasis e-Katalog untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas VIII SMP tema makanan berbahaya bahwa validasi ahli materi mencapai persentase 77,5% kategori sangat baik, validasi ahli media mencapai persentase 85,18% kategori sangat baik dan validasi ahli pendidik mencapai persentase 91,44% kategori sangat baik. Sehingga produk pengembangan media pembelajaran berbasis e-Katalog untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas VIII SMP pada tema makanan berbahaya dikatakan valid.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023